Rekomendasi Kuliner Halal di Singkawang yang Bisa Dicoba

Para wisatawan yang datang ke Pontianak terkadang tidak hanya mengunjungi kota Pontianak. Mereka juga menyempatkan untuk berkunjung ke beberapa kota lainnya, termasuk datang ke Singkawang. Sebuah kota yang berjarak 3 jam dari Pontianak. Tujuan para wisatawan yang ingin melihat keberagaman yang ada di kota dengan julukan Kota Seribu Kelenteng tersebut. Termasuk juga mencicipi kuliner halal di Singkawang.

Tidak sulit memang untuk menemukan kuliner halal di Kota yang identik dengan masyarakat Tionghoa ini. Nyatanya menurut data Statistik pada 2022, jumlah penduduk muslim di kota ini mencapai sebanyak 128.488 orang. Mendominasi sekitar 53% penduduknya. Meski begitu, masyarakat kota Singkawang tetap hidup rukun satu sama lain. Sehingga membuat kota ini dinobatkan sebagai kota paling toleransi di Indonesia.

Maka tidak heran jika pilihan makanan di kota ini juga beragam. Banyak pecinta kuliner yang datang ke Singkawang untuk mencicipi semua aneka makanan yang tersedia, dari warung pinggir jalan hingga cafe kekinian. Semua bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda, tidak terkecuali dengan makanan halal yang siap menuntaskan rasa lapar dan memanjakan lidah Anda.

Kuliner Halal di Singkawang

Bicara tentang wisata halal, kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi kuliner halal di Singkawang yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Mie Panjang Umur

Sebagian dari Anda mungkin mengenalnya dengan sebutan Mie Asin atau mi Soa. Kuliner ini ternyata telah ada di Singkawang sejak tahun 1950. Jadi salah satu kuliner legendaris di Singkawang yang banyak dicari.

Makanan ini sudah seperti kuliner wajib pada perayaan Imlek di Kota Singkawang. Sebab menurut kepercayaan masyarakat, Mie Panjang umur dapat menjadikan kita panjang umur, sesuai bentuknya yang panjang dan tidak putus.

  1. Kopi Nikmat

Bagi Anda pecinta kopi dan ingin menikmat sensasi minum kopi di Singkawang, bisa datang ke Kopi Nikmat. Tempatnya berlokasi di Jl Sejahtera, Melayu, Singkawang Barat. Jadi salah satu kedai kopi legendaris di Singkawang. Sudah berdiri sejak tahun 1930. Jadi kedai kopi tertua di Singkawang.

Aneka kopi yang bisa dipilih seperti Kopi Hitam, Kopi Susu, Teh Susu, Teh Telur dan banyak lagi pilihan lainnya. Ditemani dengan beragam jenis kue. Buka setiap hari dari jam 06.00 – 15.00 WIB. Jika ada perayaan besar seperti Cap Go Meh atau Imlek, bisa buka lebih lama.

  1. Choipan Keluarga Tjhia

Selain menjadi makanan yang identik dengan masyarakat Tionghoa, Choi Pan atau Chai Kue sudah menjadi makanan khas kota Singkawang. Belum lengkap rasanya jika datang ke kota in jika tidak mencicipi kuliner berbahan dasar tepung beras ini. Meski sebenarnya juga tersedia di kota-kota lain.

Salah satu tempat yang terkenal di Singkawang dengan hidangan Chai Kue adalah Choipan Keluarga Tjhia. Salah satu yang legendaris di kota ini. Bahkan kawasan keluarga ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting film layar lebar. Lokasinya berada di Rumah Keluarga Tjhia atau tepatnya di Jl Budi Utomo No 35, Condong, Singkawang.

  1. Mie Kering H Aman

Bagi Anda yang senang dengan kuliner berbahan dasar mi, tempat makan satu ini bisa jadi pilihan terbaik untuk dikunjungi. Kedai Mie Kering Haji Aman menyajikan bakmi kering dengan cita rasa yang khas. Tempatnya berlokasi di Jl Ahmad Yani, Sedau, Singkawang Selatan. buka setiap hari dari jam 08.00 pagi hingga 21.00 malam.

Selain menyajikan bakmi kering sebagai menu andalan, ada juga menu lainnya yang bisa dipilih, seperti bakmi rebus ayam, bakmi spesial, bakmi sapi, bakso sapi, hingga bakso urat dan Tom Yum. Harganya makanannya pun terbilang murah, berkisar antara Rp. 16.000 hingga Rp. 30.000 per porsi.

  1. Kampung Rawit

Jika Anda ingin datang ke tempat makan yang menyediakan menu seafood dan makanan lokal, datang ke Kampung Rawit bisa jadi keputusan yang tepat. Tempatnya berlokasi di Jalan Sedau Raya no.53 Singkawang. Buka setiap hari mulai jam 11 siang hingga jam 10 malam. Tempat ini sangat terkenal dengan olahan seafood yang enak dan porsi yang besar.

Anda bisa menikmati menu andalan seperti olahan lobster yang besar, bisa dimakan untuk 3 hingga 4 orang. Kemudian ditemani dengan olahan kangkung yang dapat menambah sensasi nikmati ketika menyantap seafood tersebut.

  1. Ikan Bakar Bang Ian

Jika Anda adalah pecinta olahan ikan yang segar dan berkulitas, Anda bisa datang ke Ikan Bakar Bang Ian. Tempat makan satu ini sangat terkenal dengan menu ikan bakar dan olahan ikan lainnya. sayangnya tempat ini hanya buka hingga jam 7 malam setiap harinya. Namun banyak direkomendasikan ketika Anda berkunjung ke Singkawang. Terutama untuk menikmati menu ikan bakarnya yang enak dan berukuran besar.

Itulah beberapa pilihan menu kuliner halal di Singkawang yang berhasil kami pilihkan untuk Anda. Beberapa merupakan menu populer dari tempat makan yang legendaris di Singkawang. Semoga bisa membuat perjalanan Anda selama di Singkawang semakin berkesan dan menyenangkan. Anda bisa mendatangi kota ini dengan jasa sewa mobil Pontianak yang kami sediakan.

Leave a Comment

081349445589