Makanan Khas Kalimantan Barat yang Harus Anda Cicipi

Kebanyakan orang yang datang ke Kalimantan Barat tidak hanya untuk berlibur. Sebagian dari mereka datang untuk bekerja, mengunjungi teman atau bertemu keluarga setelah lama di perantauan. Ada juga yang memiliki darah Kalimantan Barat, namun lahir di kota lain. Sehingga datang ke Kalimantan Barat untuk melihat kampong halaman orang tuanya, juga mencari makanan khas Kalimantan Barat untuk melengkapi perjalanan mereka dan bernostalgia.

Kalimantan Barat sendiri memang jadi salah satu provinsi yang ramai dikunjungi, baik oleh warga di luar Kalbar maupun para wisatawan yang ingin melihat pesona kota wisata yang ada di sini, seperti Pontianak dan Singkawang. Dua kota yang selalu jadi tujuan utama bagi mereka yang baru pertama kali ke bumi Khatulistiwa.

Makanan Khas Kalimantan Barat

Setiap yang baru datang ke Pontianak atau Singkawang, tentunya memiliki keinginan mencoba makanan khas daerah tersebut. Jika Anda juga termasuk salah satunya, maka kami dengan senang hati memberikan saran makanan khas Kalimantan Barat yang bisa Anda cicipi, yaitu:

  1. Bubur Singkawang

Setelah singgah di Pontianak, biasanya orang-orang sangat ingin sekali datang ke Singkawang. Kota wisata di Kalimantan Barat yang berjarak 3,5 jam perjalanan dari kota Pontianak. Selain untuk melihat keindahan alamnya yang kaya, pengunjung juga ingin mencoba aneka kuliner khas Singkawang yang populer, termasuk Bubur Singkawang.

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati bubur Singkawang adalah Bubur Ajun Singkawang. Anda pun bisa memilih sendiri toping yang diinginkan, seperti ikan, babi, udang dan cumi. Seporsi dihargai Rp24 ribu rupiah.

  1. Roti Skrikaya

Apabila ingin mencoba cemilan penunda lapar, Anda bisa mencicipi roti skrikaya di Singkawang yang berada di kawasan Krendang. Salah satu tempat yang cukup direkomendasikan adalah Roti Skrikaya Achin. Menyediakan banyak jenis roti yang bisa dipilih, seperti roti goreng, roti kukus, dan bakpao. Anda bisa menikmati roti srikaya yang lezat hanya dengan Rp3 ribu rupiah.

  1. Bubur Paddas

Makanan khas Kalimantan Barat. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran Singkawang, Pontianak dan Sambas. Bubur yang terbuat dari aneka sayuran segar, kemudian dimasak dengan kuah kaldu yang lezat. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa memberikan toping kacang tanah, ikan teri atau bakso dan potongan daging.

Salah satu yang menyediakan bubur paddas dengan rasa yang memanjakan selera adalah Bubur Pedas Pa’ Ngah di Pontianak.

  1. Bakso Mai Mien Ce

Mai Mien Ce adalah tempat makan yang banyak disarankan ketika mencari tempat makan bakso khas Pontianak. Sekilas mungkin terasa sama dengan pilihan bakso pada umumnya. Salah satu yang membedakan adalah bulatan bakso yang kecil-kecil, namun memiliki cita rasa yang khas. Rasa dagingnya sangat terasa. Dipadukan dengan kuah kaldu yang gurih cenderung plain, tapi membuat rasa bakso lebih menonjol.

Harga seporsi bakso di tempat ini sekitar Rp35 ribu rupiah. Sudah bisa mendapatkan seporsi bakso lengkap yang siap memuaskan rasa lapar Anda.

  1. Kincipan

Anda ingin mencoba kuliner malam berbahan dasar mie. Anda bisa bisa datang ke Krendang, pusat kuliner Pontianak. Salah satu menu yang bisa Anda coba adalah Kincipan, kuliner khas Kalimantan Barat berupa kwetiaw goreng sayuran yang menggugah selera. Dimasak dengan campuran daun katuk, tauge dan telur yang dimasak orak-arik.

Dengan membayar sekitar Rp. 21.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati kelezatan Kincipan. Lengkap dengan telur mata sapi di atasnya.

  1. Nasi Campur Pontianak

Nasi campur merupakan salah satu kuliner wajib yang bisa Anda coba ketika datang ke Kalimantan Barat. Di Jakarta, tempat makan yang menyediakan menu nasi campur adalah Nasi Campur 88 Pontianak, lokasinya berada di Jl. Pangeran Jayakarta No.34BB. Anda juga bisa menemukannya di kawasan Krendang, pusat kuliner Pontianak.

  1. Pengkang

Jika sebelumnya beberapa pilihan kuliner yang dijual di kota Jakarta, sekarang kita mencoba kuliner khas Kalbar yang memang ada di Kalbar, salah satunya di Pondok Pengkang yang berlokasi di Jalan Raya Peniti Luar. Anda bisa menikmati sensasi makan nasi bakar yang menggunakan ebi sebagai isiannya. Dipadukan dengan sambal yang khas.

8. Tahu Sumedang

Meski merupakan makanan yang berasal dari luar Kalimantan Barat, kudapan Tahu Sumedang ini cukup diminati oleh masyarakat. Terutama mereka yang datang ke Singkawang dan melintasi jalur Pontianak Singkawang yang ditempuh sekitar 3,5 jam perjalanan. Satu porsi Tahu Sumedang dibanderol dengan harga Rp 10 ribu. Cocok dijadikan cemilan sembari menikmati perjalanan.

Itulah sederet rekomendasi makanan khas Kalimantan Barat yang bisa Anda nikmati. Beberapa pilihan menu juga ada di beberapa kota lain, seperti Jakarta dan sekitarnya. Namun tidak menghilangkan ciri khas rasanya. Meski begitu, akan lebih afdol jika menikmati makanan khas suatu daerah langsung dari tempat asalnya.

Untuk berkeliling menikmati sajian kuliner khas Kalimantan Barat, Anda bisa menyewa layanan transportasi dari jasa sewa mobil Pontianak. Ada banyak pilihan armada yang bisa digunakan, lengkap dengan driver yang berpengalaman. Anda juga bisa menggunakan layanan antar-jemput yang kami sediakan.

Leave a Comment

081349445589