6 Cara Merawat Power Steering

Rental mobil matic Pontianak bisa diandalkan saat Anda memerlukan kendaraan di kota Pontianak dan sekitarnya. Cukup mudah caranya dan praktis. Bisa dibayangkan repotnya merawat mobil itu. Salah satu hal yang penting dari suatu mobil adalah power steeringnya. Berikut cara merawat power steering.

Fungsi Power steering adalah untuk meringankan beban saat sedang menyetir atau mengendarai mobil sehingga mobil bisa mudah dikendalikan. Jaga jangan sampai rusak. Berikut ini adalah cara merawat power steering yang benar.

Hindari Kebiasaan Menyetir Mobil yang Salah

Kebiasaan cara menyetir akan sangat mempengaruhi keawetan power steering mobil. Jangan kasar, ugal-ugalan dan terburu-buru serta serampangan pada saat menyetir. Setir mobil secara hati-hati dan halus jangan terlalu cepat dan terlalu kasar saat hendak berbelok atau mengubah posisi mobil. Hindari gerakan mendadak. Ubah posisi setir dengan secara halus, pelan dan hati-hati agar power steering-nya tidak mudah rusak.

Hindari Berbelok dengan Cepat

Lakukan ancang-ancang dan pelankan kecepatannya terlebih dahulu jika hendak berbelok atau memutar arah. Jangan tiba-tiba dan mendadak berbelok saat laju kendaraan masih dalam kecepatan yang tinggi.

Hindari Parkir dan Posisi Ban Belok

Suatu hal yang perlu dihindari juga adalah parkir dalam posisi ban berbelok atau tidak lurus. Apalagi jika hal ini dilakukan dalam frekuensi yang sering dan dalam jangka waktu yang lama pula, maka power steering dan ball joint pun akan mudah dan cepat rusak. Jangan tinggalkan mobil dalam posisi seperti ini.

Hindari Jalan Rusak

Kemudian usahakan untuk menghindari jalanan yang rusak, kasar dan banyak lubang. Selain tidak nyaman dan tidak aman maka hal itu juga akan membuat power steering mudah rusak. Apalagi jika hal ini terjadi secara rutin. Benturan-benturan yang ada akan membuatnya tidak bisa awet. Jika terpaksa harus melalui jalanan yang kasar dan rusak maka lakukan secara pelan agar tidak terjadi guncangan secara keras.

Hindari Jalan Tergenang Banjir

Power steering adalah komponen kelistrikan yang letaknya tepat di as setir dan posisi ini sejajar dengan as roda. Sehingga jika tergenang air maka akan menjadi rusak.

Hindari Memutar Setir Penuh Dalam Waktu Lama

Agar power steering tidak mudah rusak maka juga hindari memutar setir sampai penuh dalam kurun jangka waktu yang lama. Ketika jalanan lenggang dan kondisinya memungkinkan maka bisa putar sedikit kemudi mobil ke arah sebaliknya.

Memutar setir mobil hingga penuh untuk jangka waktu yang lama akan membuat tekanan pada power steering menjadi maksimal sehingga kinerja mesin menjadi berat dan juga penggunaan bahan bakar nya pun menjadi boros.

Itulah beberapa tips agar power steering tidak mudah rusak meski demikian maka power steering perlu diganti jika jarak tempuhnya sudah lebih dari 10 ribu Km atau ketika sudah mencapai batas usia kedaluwarsanya, yaitu rata-rata sekitar 5 tahun.

Info Rental Mobil Pontianak Hubungi 081349445589 (KLIK NO WA)

Leave a Comment

081349445589