6 Rekomendasi Makanan Khas Singkawang yang Harus Dicoba

Kalimantan Barat termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain berkunjung ke Kota Pontianak, para wisatawan juga menyempatkan diri mendatangi kota Singkawang. Salah satu kota wisata yang ada di Kalimantan Barat. Bahkan banyak yang menjadikan kota ini sebagai tujuan utama. Selain untuk merasakan suasana keberagaman, para pengunjung juga tertarik untuk menikmati makanan khas Singkawang.

Singkawang memang memiliki daya tarik tersendiri. Sebagai kota wisata, kota ini masih kental dengan perayaan keagamaan, seperti Cap Go Meh, Imlek dan lain-lain. Meski memiliki mayoritas masyarakat Tionghoa, Singkawang jadi kota paling toleransi sebab merangkul banyak agama dan suku, namun tetao rukun dan hidup berdampingan dengan damai.

Hal itu juga memberikan keuntungan tersendiri bagi kota Singkawang. Salah satunya bisa kita lihat pada keberagaman kuliner yang tersedia. Walau didominasi oleh masyarakat non muslim, namun kita tidak kesulitan untuk menemukan kuliner halal di sini. Membuat pilihan tempat makan jadi semakin bervariasi.

Makanan Khas Singkawang

Jika Anda tengah mencari informasi tentang kuliner khas di kota Singkawang, kami akan memberikan Anda beberapa saran makanan khas Singkawang yang perlu dicoba, seperti:

  1. Mi Tiaw Asuk

Jangan terkecoh dengan namanya. Mi Tiaw Asuk merupakan salah satu kuliner yang sangat populer di Singkawang. Kata “Asuk” yang digunakan merujuk pada orang yang membuat atau meracik olahan makanan ini. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang senang dengan makanan berbahan dasar mi.

Menu utama di tempat ini adalah olahan Mi Tiaw atau Kwe Tiaw yang dipadukan dengan bumbu racikan sendiri. Sehingga memberikan rasa lezat dan gurih yang khas dan memanjakan selera. Tempat makan ini buka mulai pukul 12 siang hingga jam 8 malam. Untuk seporsi makanan yang ditawarkan, bisa Anda dapat dengan harga mulai dari Rp. 12.000 rupiah.

  1. Bubur Gunting Asun

Ketika mencari sarapan, pasti Anda akan terpikir dengan beberapa menu yang ringkas dan bisa meredakan lapar cukup lama. Salah satu pilihan menu sarapan yang bisa Anda coba adalah Bubur Gunting Asun. Salah satu pilihan bubur yang berbeda dengan hidangan bubur pada umumnya. Namun dengan cita rasa yang menggugah selera.

Lokasinya berada di Jl. P. Antasari, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. Bubur Gunting yang menjadi menu utama di tempat ini, terbuat dari campuran potongan cakwe, kemudian disiram dengan kuah kental kacang hijau. Seporsi Bubur Gunting Asun bisa didapt dengan harga mulai dari Rp5 ribu rupiah.

  1. Choi Pan Tjhia

Choipan atau Chai Kue adalah satu makanan khas Singkawang. Ketika datang ke Singkawang belum lengkap jika belum mencoba makanan satu ini. Salah satu tempat makanan Choipan yang terkenal dan legendaris di Singkawang adalah Choi Pan Tjhia.

Makanan berbahas dasar tepung beras ini memiliki varian isi yang bisa dipilih sesuai selera, seperti bengkoang, talas, kacang, rebung dan lain-lain. Kemudian di atasnya ditaburi dengan bawang putih yang telah digoreng. Untuk satu buah Choi Pan dijual dengan harga Rp. 1.500. tempat makan ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

  1. Mie Asin Singkawang

Makanan khas Singkawang berikutnya yang wajib Anda coba adalah Mie Asin Singkawang. Makanan ini sebenarnya sering disajikan untuk perayaan tertentu, seperti saat ulang tahun atau ketika menyambut tahun baru. Namun saat ini sudah menjadi jajanan yang bisa dinikmati semua orang. Bisa dimakan dengan kuah atau tanpa kuah asin.

Cara memakannya juga terbilang unik, yaitu dengan memakan dari ujung ke ujung tanpa putus atau dipotong. Hal tersebut diyakini sebagai makna bahwa kita akan mendapatkan rezeki yang berlimpah dan umur panjang. Namun yang pasti, Mie Asin Singkawang ini makanan yang dari olahan mi yang mengeyangkan dan lezat.

  1. Rujak Thai Pu Ji

Selain Choipan yang menjadi makanan khas dari Singkawang, bagi Anda yang suka dengan aneka rujak dan makanan segar juga bisa mencicipi ini. Namanya Rujak Thai Pu Ji. Makanan khas Singkawang satu ini merupakan sajian buah segar atau yang bisa disebut juga sebagai salad segar. Dibuat dengan campuran buah yang kemudian disiram dengan sambal kacang dan gula merah.

Ada juga tambahan lainnya seperti suiran ebi dan emping yang menambahkan cita rasa. Tempatnya berlokasi di Jl. Muslimin Ismail No.8, Condong, Kec. Singkawang Tengah.

  1. Bubur Pekong

Jika Anda mencari tempat makan legendaris di Singkawang, Anda bisa mencoba datang ke Bubur Pekong. Lokasinya berada di Jl. Niaga, Melayu, Kec. Singkawang. Jadi salah satu menu sarapan yang banyak dicari ketika berada di Singkawang.

Bubur Pekong dibuat dari racikan ikan teri yang digoreng, irisan daging sapi, lobak, kacang goreng, daun sop, taburan bawang goreng dan dipadukan dengan kuah kaldu dari daging sapi. Kemudian ditambahkan emping sebagai pelengkap.

Itulah beberapa makanan khas Singkawang yang bisa Anda coba ketika datang ke kota ini. Untuk bisa mencoba semua makanan tersebut, Anda bisa meminta panduan perjalanan dari Rental Mobil Pontianak. Anda bisa sekligus berkeliling dan menikmati keindahan kota Singkawang.

 

Leave a Comment

081349445589