5 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal Setelah Dibeli

Mobil merupakan alat transportasi yang saat ini banyak diinginkan orang untuk memilikinya. Tak heran jika setiap orang mengidamkan memiliki mobil pribadi sebab aman dari panas dan hujan.

Apalagi dengan cuaca yang semakin tak menentu seperti sekarang, tentu hal itu sangat merepotkan bagi pengendara motor. Terutama jika hujan, pengendara motor tentu lebih repot untuk berpergian, entah itu bekerja atau kegiatan-kegiatan lainnya yang mengharuskan keluar rumah.

Namun, seperti yang kita tahu, banyak sekali masyarakat yang ingin memiliki mobil namun terkendala oleh biaya. Mobil sepertinya hanya diperuntukkan bagi golongan menengah ke atas.

Jika gaji masih pas-pasan buat makan, rasanya jauh sekali impian untuk memilikinya bisa terwujud. Kendati harganya mahal, banyak juga orang-orang memaksakan diri untuk memiliki mobil dengan cara meminjam uang di Bank.

Tentu hal itu tidak salah dan sah-sah saja, setiap orang punya perhitungannya masing-masing. Tak sedikit pula yang memilih menabung terlebih dahulu lalu membeli mobil bekas dengan harga terjangkau.

Mobil baru atau mobil bekas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika ingin membeli mobil baru tentu uang yang dikeluarkan jauh lebih besar. Beda halnya dengan membeli mobil bekas yang menyesuaikan dengan kondisi mobil.

Baca Juga: Mobil Sejuta Umat dan Berbagai Kelebihannya

Membeli mobil bekas juga harus lebih teliti dan memerhatikan banyak hal. Kehati-hatian dan ketelitian ini penting sebab mobil bekas tak akan sama seperti mobil baru yang tak memiliki kendala.

Ya, namanya juga mobil bekas, kita tidak tahu apakah perawatan mobil tersebut baik atau tidak.

Kita tidak tahu mobil tersebut dipakai untuk apa sebelumnya, apakah pernah bongkar mesin atau belum dan lain sebagainya. Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Dalam artikel ini, setidaknya ada beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil bekas.

  • Pertama, yang perlu anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas ialah engine/mesin

Mesin menjadi satu hal yang sangat penting jika anda ingin membeli mobil bekas. Tentu anda tidak mau kalau mobil yang anda beli membuat anda tambah repot karena keseringan rusak dan mogok di jalanan. Pastikan mesin mobil yang akan anda beli masih normal. Untuk mengeceknya anda bisa menghididupkan mobil tersebut.

Pada saat starter anda harus lebih teliti, perhatikan apakah mobil tersebut mudah untuk dihidupkan. Setelah itu, ketika menyala telinga anda harus dipasang baik-baik untuk mendengar suara mesin, apakah ada suara-suara yang tidak normal atau kejanggalan lain. Setidaknya, inilah langkah awal anda untuk mengecek kondisi mesin mobil.

Anda akan tahu halus atau kasarnya suara mesin yang setelah anda hidupkan. Perlu juga anda gas dengan rpm tinggi lalu dengarkan apakah terdengar suara tek-tek dari dalam mesin.

Jika suara seperti itu terdengar, kemungkinan mengalami kerusakan pada bagian dalam mesin. Perlu juga dicek asap knalpot, mesin yang masih bagus memiliki asap yang tidak terlihat. Jika asap knalpot putih tebal dan bau seperti oli terbakar hal itu berarti mesinnya sudah lokro dan aus pada bagian dalam seperti piston sudah parah.

  • Kedua, yang perlu anda perhatikan ialah, bagian interior mobil

Anda bisa mengecek bagian jok, kondisi dashbord, karpet bawah, pintu bagian dalam dan langit-langit. Jika tak ada masalah dan kondisinya baik, anda harus mengecek yang lainnya seperti jarak tempuh mobil.

Jika tahunnya masih muda dan jarak tempuhnya terlalu jauh kemungkinan mobil tersebut bekas atau rental. Jika mobil taksi atau rental, sebaiknya anda pikir dua kali untuk membelinya, kecuali kondisi mobil benar-benar baik sekali. Lihat juga fitur lainnya seperti kelengkapan power steering, power window, tape audio, ac dan fitur lainnya.

  • Ketiga, bagian eksterior juga tak kalah penting untuk anda cek

Eksterior merupakan bagian terluar dari kendaraan/mobil. Tentu, yang pertama kali telihat dari mobil adalah bagian luar atau body mobil. Oleh sebab itu, sangat penting anda perhatikan tampilan dari mobil bekas yang hendak anda beli.

Pastikan dari body tersebut penyok atau tidak, berkarat atau tidak, kondisi catnya kusam atau tidak dan lain-lain. Yang juga penting dan perlu anda cek adalah di bagian chassis. Pastikan chassis mobil dalam kondisi baik dan tidak berkarat.

  • Keempat, yang juga tak kalah penting anda periksa adalah bagian kaki-kaki

Kaki-kaki juga perlu anda periksa, anda bisa melihat kondisi ban terlebih dahulu. Jika terdapan keausan yang tidak merata pada bagian ban tanyakan hal itu pada pemilik kenapa hal itu bisa terjadi. Setelah ia jelaskan, anda harus diagnosa sendiri, dan cek kaki-kaki dari mulai tie-rod, tie-rod end, ball joint, dll.

Itulah beberapa hal yang mesti anda perhatikan jika ingin membeli mobil bekas. Banyak hal lain yang juga perlu dilakukan, namun jika hal-hal teknis yang tidak terlalu penting saya rasa anda sendiri lebih paham. Semoga beberapa hal yang telah dijelaskan dapat bermanfaat bagi anda yang ingin membeli mobil bekas.

Tinggalkan komentar