Ketahui Beberapa Cara Merawat Karet Wiper Mobil

Merawat karet wiper adalah salah satu hal penting dilakukan demi menjunjung tinggi keselamatan mengemudi. Walaupun sekarang ini beberapa wilayah Indonesia mulai mengalami hujan, bukan berarti wiper anda harus diabaikan dari perawatan yang baik. Berikut cara merawat karet wiper mobil.

Bagian satu ini mempunyai fungsi yang krusial dalam menjaga jarak pandang ketika berkendara. Wiper yang rusak atau tidak terawat pun dapat berdampak buruk pada keselamatan anda, khususnya ketika turun hujan. Lantas, bagaimana cara merawat bagian ini dengan benar?

Cara Merawat Wiper Mobil dengan Benar

  1. Sering Cek Kondisi Karet Wiper

Wiper mobil sendiri terdiri dari bagian blade atau rangka besi serta karet. Rangka besi sendiri berfungsi menjadi penyangga, sementara karet mempunyai fungsi agar bisa menghalau serta menyapu air hujan dari kaca depan mobil.

Bagian karet termasuk komponen yang perlu Anda jaga performanya. Jika kondisinya tidak terawat, bagian karet tersebut dapat mudah rusak serta tidak akan berfungsi optimal.

Maka dari itu, anda perlu melakukan perawatan untuk terus menjaga kondisi pada karet wiper. Pastikan lah tidak memarkir mobil pada lokasi yang panas. Karena suhu tinggi juga dapat diserap oleh kaca lalu berdampak pada wiper.

  1. Merawat Bagian Wiper dengan Menyiramnya saja

Cara merawat wiper juga dapat dilakukan dengan menyiram komponen tersebut menggunakan air bersih daripada menggunakan sabun cuci kendaraan. Jadi anda Cukup bilas wiper menggunakan air bersih, lalu biarkan mereka mengering sendiri setelahnya.

Jangan lupa untuk menghindari lap untuk saat mengeringkan bagian permukaan wiper, karena dapat berisiko menghilangkan cairan yang ada.

  1. Berhati-hati ketika Mencuci mobil

Ketika anda melakukan pencucian mobil, berhati-hatilah saat akan membersihkan serta mengelap bagian wiper mobil. Karena, pada bagian tersebut terdapat cairan khusus yang memiliki fungsi sebagai pelindung serta pelembab. Jangan sampai lap yang anda gunakan untuk mengeringkan body mobil malah ikut menghilangkan cairan tersebut.

  1. Merawat Bagian Poros Wiper

Di samping karet wiper mobil, bagian selanjutnya anda rawat adalah poros. Bagian poros sendiri mempunyai peran yang cukup krusial dalam menjaga pergerakan wiper selama berkendara pada musim hujan. Untuk menjaga kinerja wiper agar bisa tetap prima, jangan lupa untuk selalu memberikan pelumas secara rutin.

Pelumas tersebut akan mencegah poros aus serta akan menjaga perputarannya tidak terhambat saat dipakai musim hujan.

  1. Mengisi Cairan wiper

Selain anda merawat bagian luarnya, wiper mobil pun juga harus dirawat bagian dalamnya. Perawatan ini perlu dilakukan melalui ruang mesin. Di sana, ada sebuah tangki khusus yang dipakai untuk cairan pembersih kaca mobil. Kebanyakan tangki tersebut diisi menggunakan air biasa.

Tapi agar dapat menjaga performa wiper, anda dapat mengisinya menggunakan cairan pembersih khusus produk wiper yang tepat. Cairan satu ini bisa melicinkan bagian kaca jadi pergerakan wiper tidak akan tersendat.

Beberapa cara merawat karet wiper tentu mudah dilakukan. Jika anda ingin wiper mobil tetap bagus, anda perlu rutin melakukannya. Biasanya beberapa Rental mobil matic Pontianak juga rutin melakukannya agar wiper mobil yang dirental tetap bagus saat dipakai.

Info Rental Mobil Pontianak Hubungi 081349445589 (KLIK NO WA)

Leave a Comment

081349445589