Bulan Ramadan, Ketahui Daftar Kuliner Halal dan Non Halal di Kota Pontianak

Pontianak, sebuah kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan tentu saja, kuliner. Ketika bulan Ramadan tiba, momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mengeksplorasi ragam kuliner yang ditawarkan oleh kota ini. Dari makanan yang halal hingga yang non-halal, Pontianak memiliki beragam pilihan yang patut untuk dicicipi. Berikut daftar kuliner halal dan non halal Pontianak!

Perbedaan antara kuliner halal dan non-halal berkaitan dengan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam agama Islam terutama terkait dengan jenis makanan, cara pemrosesan, dan sumber bahan-bahan yang digunakan. Sumber bahan baku pembuatannya menjadi salah satu indikator pembeda.

Kuliner halal menggunakan bahan-bahan yang halal dan diperbolehkan dalam Islam. Ini termasuk daging dari hewan yang disembelih sesuai dengan syariat Islam, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan bahan-bahan lain yang tidak mengandung alkohol atau bahan-bahan haram lainnya.

Sedangkan makanan non-halal dapat menggunakan bahan-bahan yang tidak diperbolehkan dalam Islam, seperti daging babi, alkohol, dan bahan-bahan haram lainnya. Beberapa contoh makanan non-halal meliputi daging babi, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung gelatin babi.

Kuliner Halal dan Non Halal Pontianak

Berikut daftar kuliner halal dan non halal Pontianak yang dirangkum CV. Anamas Jaya Mandiri:

Kuliner Halal

1. Es Krim Angi

Es krim legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1950 ini menyajikan beragam rasa dan topping yang menggugah selera. Lokasinya berada di jalan Karel Satsuit Tubun, depan SMA Santu Petrus.

2. Chai Kue

Merupakan kue serupa pastel dengan isi campuran tepung beras dan tapioka. Diisi dengan varian seperti bengkuang dan kucai, memberikan rasa lezat dan tekstur kenyal. Chai Kue disajikan dengan topping bawang putih cincang yang digoreng, menambah aroma harum dan cita rasa gurih.

3. Es Krim Petrus

Es krim legendaris Pontianak yang disajikan dalam batok kelapa dengan beragam rasa dan topping unik. Dikenal dengan cita rasa lezat dan presentasi yang unik, Es Krim Petrus menjadi ikon kuliner Pontianak.

4. Pengkang

Terbuat dari pulut berisi daging ebi, dibungkus daun pisang. Menghadirkan cita rasa gurih dan manis dari pulut ketan serta aroma khas dari daun pisang yang dibakar.

5. Sotong Pangkong

Sotong kering yang dipukul tipis, dipanggang hingga lunak, dan kemudian dipukul hingga tipis. Disajikan dengan sambal kacang yang menggugah selera, Sotong Pangkong sering dinikmati saat berbuka puasa di bulan Ramadan.

6. Pisang Goreng Pontianak

Camilan terkenal dengan kelembutan pisang yang digoreng dengan tepung hingga kecokelatan. Menikmati Pisang Goreng Pontianak disertai dengan kopi pancong akan memberikan pengalaman kuliner yang otentik.

7. Ce Hun Tiau

Makanan penyegar dengan mie berbentuk pita, disajikan dengan ketan hitam, bongko, mutiara, dan es. Cocok untuk menikmati sensasi segar di tengah udara panas Pontianak.

8. Lempok Durian

Dodol durian tanpa menggunakan beras ketan, namun menggunakan gula pasir sebagai bahan pengawet alami. Memberikan perpaduan rasa manis dan asam khas durian yang disukai pecinta buah.

9. Kwe Cap

Kue kering dengan variasi rasa yang beragam, menawarkan pengalaman unik bagi pecinta kue.

10. Lek Tau Suan

Makanan manis dan renyah terbuat dari kacang hijau dengan kuah manis. Cocok untuk menyegarkan diri di tengah cuaca panas Pontianak.

11. Mie Tiaw Apollo

Mie lebar dan pipih dengan berbagai pilihan topping seperti babat, daging sapi, dan telur. Menggambarkan warisan budaya dan kuliner yang kaya di Pontianak.

12. Bubur Paddas

Bubur polos dengan beragam pilihan lauk seperti babi kecap, ayam rebus, telur kecap, telur asin, sayur asin, dan lidah babi. Makanan ini menghadirkan rasa pedas yang nikmat

13. Kopi Asiang

Tempat kopi yang sudah menjadi ikon di Pontianak ini menawarkan kopi nikmat dengan atraksi unik dari Ko Asiang yang sering tidak memakai baju saat membuat kopinya. Terletak di lokasi yang strategis, tempat ini menjadi tempat favorit banyak kalangan untuk menikmati kopi dan camilan tradisional.

14. Nasi Ayong 999

Meskipun hanya menyajikan nasi dan telur ceplok, tempat makan ini berhasil viral karena rasa yang istimewa, terutama karena menggunakan minyak bawang yang memberikan cita rasa gurih.

15. Dimsum Hotel Kini

Menawarkan beragam pilihan dimsum yang lezat mulai dari siomay hingga dessert seperti pudding alpukat dan cheese tart. Pastikan untuk datang sebelum jam 12 siang untuk mendapatkan pilihan terbaik.

16. Pondok Kakap

Restoran ini pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi dan menawarkan berbagai hidangan lezat seperti sapo tahu dan seafood. Ikan bakar menjadi menu wajib yang harus dicoba.

17. Chai Kue Panas Siam

Salah satu makanan wajib saat di Pontianak adalah chai kue, yang terbuat dari kulit yang diisi dengan bengkuang dan ditaburi dengan bawang goreng. Nikmati saat masih panas untuk pengalaman terbaik.

18. Kwetiau Arang Ahim

Kwetiau ini memiliki cita rasa yang unik dan gurih dengan daging sapi sebagai topping utama. Jangan lewatkan juga kwetiau dengan jeroan sapi seperti kikil dan babat.

Non Halal

1. Rumah Makan Selera Anda

Menyajikan Chinese food seperti hekkeng (lumpia goreng dengan babi dan udang) serta menu-menu lain seperti sapo tahu dan bistik ayam yang lezat.

2. Rumah Makan Mr. Ahau

Tempat makan ini juga menawarkan hidangan Chinese food yang lezat seperti fuyung hai dan sup jagung. Pastikan untuk mencicipi menu-menu lainnya seperti bistik ayam dan sapo tahu.

3. Kwecap Veteran

Makanan ini terbuat dari tepung beras dan disantap dengan kuah hangat. Di samping itu, kulit babi menjadi pelengkap yang memberikan cita rasa khas.

4. Bakmie Kepiting Oukie

Bakmie legendaris di Pontianak dengan mienya yang gurih serta topping seperti bakso ikan, daging kepiting, dan daging babi. Berbagai menu lainnya seperti kwetiau juga tersedia untuk dinikmati.

5. Nasi Ayam (Nasi Campur)

Beragam lauk seperti daging babi menjadikan hidangan ini mirip dengan nasi campur, mencerminkan keanekaragaman kuliner di Pontianak.

6. Bubur Pesawat

Bubur polos dengan beragam pilihan lauk, seperti babi kecap, ayam rebus, telur kecap, telur asin, sayur asin, dan lidah babi. Hidangan ini populer di Pontianak

7. Kue Bulan (Yue Ping)

Kue bundar dan besar yang merupakan kue khas masyarakat Tionghoa Pontianak, namun beberapa varian mengandung babi.

Pontianak memang memiliki kekayaan kuliner yang tidak hanya menggoda selera, namun juga mencerminkan keanekaragaman budaya dan harmoni cita rasa. Dari hidangan-hidangan halal hingga non-halal, masing-masing menyajikan pengalaman kuliner yang unik dan tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi ragam kuliner khas Pontianak saat berkunjung ke sana!

Dengan ragam pilihan kuliner halal dan non halal Pontianak yang ditawarkan, tidak ada keraguan bahwa liburan di sini akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan selalu berdoa di bulan Ramadan ini.

Leave a Comment

081349445589